Pertumbuhan pengguna internet di Dunia dan khususnya Indonesia semakin meningkat. Pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian web untuk mencari produk yang ingin konsumen beli. Banyak faktor yang menyebabkan konsumen ingin membeli produk melalui situs belanja online, seperti harga yang lebih murah, berbelanja dengan nyaman, dapat membandingkan harga, waktu lebih efisien atau menghemat waktu belanja. Dan banyak juga keunggulan dalam melakukan pembelian online diantaranya pembeli tidak terikat antara jarak dan waktu, lebih cepat dan lebih mudah, pembeli hanya tinggal memilih barang apa saja yang akan dipesan, belanja online sangat menghemat waktu dan energi. Namun dibalik keunggulan pastilah ada kelemahan, hal ini bisa di hindari jika konsumen mengetahui sebelumnya. Berikut adalah beberapa kelemahan dalam pembelian online diantaranya barang yang dipajang dionline bisa saja spesifikasinya berbeda dengan yang dikirimkan, jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasinya yang paling repot adalah melakukan klaim dan memerlukan waktu yang lama. Solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan diatas yaitu cari toko online yang memiliki rekam jejak yang baik melalui testimoni dan reputasinya. Jadilah konsumen yang cerdas. Untuk menjadi konsumen yang cerdas dimulai dari memilih toko online yang sudah memang sudah betul memiliki reputasi yang baik agar terhindar dari penipuan dan cybercrime lainnya. Konsumen juga harus teliti dengan barang yang dideskripsikan. Jangan malu bertanya pada costumer service. Konsumen harus banyak bicara untuk memastikan bahwa barang yang dipesan sesuai dengan keinginan konsumen.
Dari keunggulan dan kelemahan tersebut konsumen lebih memilih melakukan pembelian belanja secara online. Dan perilaku konsumen lebih berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian belanja online.
http://febriansyahfebry.blogspot.com/2015/01/perilaku-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar